Rabu, 12 Mei 2010

Final Pertama Liga Eropa






Liga Eropa (Europa League) malam ini (13/5) akan menggelar partai final pertamanya dalam sejarah di Stadion HSH Nordbank Arena, Hamburg. Lakonnya adalah 'Los Rojiblancos' Atletico Madrid dan 'the Cottagers' Fulham. Delegasi Spanyol dan Inggris ini akan bentrok demi mengamankan trofi pengganti UEFA Cup ini. Meski banyak dianggap sebagai kompetisi kasta kedua di Eropa, tapi laga ini masih menyimpan gengsi yang tinggi, karena pemenangnya akan dicatat sejarah sebagai pemenang pertama dalam sejarah kompetisi yang dulu bernama UEFA Cup ini.

Atletico Madrid berhasil menyingkirkan beberapa nama besar seperti wakil Turki, Galatasaray, Sporting Lisbon, Valencia, dan yang terakhir juara 5 kali Liga Champions asal Inggris, 'the Reds' Liverpool. Dibawah asuhan Quique Sanchez Flores, Atletico mampu menyuguhkan permainan cepat dari kaki ke kaki ala Spanyol. Bermotorkan duet Latin, Diego Forlan dan Sergio Aguero, memiliki sayap lincah macam Jose Antonio Reyes dan Simao Sabrosa, mereka memang pantas diunggulkan, belum lagi mereka diperkuat pemain-pemain macam Jose Jurado, Tomas Ujfalusi, dan Paulo Assuncao yang memiliki mobilitas dan determinasi tinggi, membuat Atletico semakin lengkap dari lini ke lini.

Keunggulan teknik Atletico akan diimbangi oleh kolekitivitas tim ala Fulham. Wakil Inggris yang ditangani Roy Hodgson ini diluar dugaan mampu menumbangkan nama-nama besar seperti Juventus, Wolfsburg, dan Hamburg SV. Roy Hodgson adalah pelatih yang sarat pengalaman. Ia pernah membawa Internazionale ke final UEFA Cup musim 1996/1997, dan menukangi tim-tim seperti Udinese, Blackburn Rovers, dan tim nasional Finlandia. Ia sukses meracik Fulham yang sempat terancam degradasi, dan kini tampil menawan dan melaju hingga final Liga Eropa. Bermaterikan pemain-pemain seperti Mark Schwarzer, Danny Murphy, Damien Duff, dan Bobby Zamora, mereka menjadi tim yang mampu bermain apik dengan mengandalkan kombinasi bola-bola panjang dan permainan sayap yang cepat. Menghadapi partai final, mereka sempat didera berbagai masalah cedera pemain intinya, seperti Damien Duff dan Bobby Zamora, namun mereka tentu memiliki motivasi berlebih untuk mengalahkan segala prediksi yang lebih menjagokan Atletico Madrid.

Beberapa duel yang akan menjadi kunci malam ini :

Brede Hangeland vs Diego Forlan : Bek jangkung asal Norwegia ini dipastikan akan mendapat tugas berat untuk menghadang laju penyerang Atletico Madrid, Diego Forlan. Memiliki keunggulan di udara, Hangeland diprediksi akan kewalahan untuk mengawal Forlan yang memiliki kecepatan dan tendangan kaki kiri yang keras.

Danny Murphy vs Raul Garcia : Mantan gelandang Liverpool ini sangat mumpuni dalam mengatur tempo permainan tim. Ia juga piawai dalam mengeksekusi bola-bola mati. Kelihaian Murphy akan dihadapi oleh teknik tinggi Raul Garcia. Gelandang Atletico Madrid tersebut terbukti ampuh mematikan gelandang-gelandang macam David Silva (Valencia) dan Steven Gerrard (Liverpool). Garcia juga akan menjadi pemain yang bakal menyuplai bola-bola ke kotak penalti untuk 'disantap' penyerang-penyerang Atletico.

Bobby Zamora vs Tomas Ujfalusi : Meski sempat diragukan tampil, Zamora diprediksi akan tetap turun untuk menambah daya serang Fulham. Ia akan menghadapi bek bertipe permainan keras asal Ceko, Tomas Ujfalusi. Bobby Zamora akan menggunakan keunggulannya di udara sebagai senjata melumpuhkan bek tangguh seperti Ujfalusi.

Mampukah Atletico 'menutup' kisah Cinderella Fulham? Atau Fulham kah yang justru membalikkan semua prediksi, dan membawa trofi Liga Eropa ke kota London? Mari kita tunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar