Jumat, 04 Juni 2010

Inggris juara dunia, bisakah?


Adalah nama-nama seperti Bobby Moore, Geoff Hurst, dan Charlton bersaudara (Bobby dan Jack) yang berhasil memenangkan hati jutaan rakyat Inggris dengan menyabet trofi Jules Rimet (trofi lama Piala Dunia) setelah mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2 lewat perpanjangan waktu. Dan hattrick Geoff Hurst kala itu merupakan salah satu momen terbaik yang pernah tercipta di stadion Wembley. Hingga kini, jutaan rakyat Inggris masih menanti-nanti momen tersebut akan terulang.

Kita percepat waktu hingga 44 tahun, dimana kita telah berada di tahun 2010 dan Piala Dunia (PD) akan kembali diselenggarakan FIFA dan bertempat di Afrika Selatan. Dan Inggris sekali lagi diunggulkan untuk meraih juara dunia bersama Brazil dan Spanyol. Apa pasalnya? Mereka akan diperkuat Wayne Rooney, Frank Lampard, Steven Gerrard, dan John Terry yang merupakan pemain-pemain kelas atas dunia yang disejajarkan dengan Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Franck Ribery, Kaka, dll. Dan mereka akan dilatih oleh Fabio Capello, pelatih dengan sederet gelar di curriculum vitae nya bersama AC Milan, Real Madrid, Juventus, dan AS Roma. Tentu sudah cukup untuk membuat lawan 'jiper'.

Saya mencoba merumuskan hal-hal yang harus Inggris lakukan untuk dapat menjadi juara dunia. Berikut ulasannya:

1. Wayne Rooney. Torehan 30 gol nya bersama Manchester United sangat diharapkan bisa terulang di PD 2010. Dan salah satu kunci banyaknya gol yang dicetak Rooney musim lalu adalah assist Antonio Valencia. Hampir dari setengah jumlah gol yang dicetak Rooney berasal dari umpan-umpan matang Valencia. Di timnas, tinggal bagaimana Fabio Capello memaksimalkan peran sayap-sayap Inggris untuk menyuplai Rooney dengan bola-bola yang matang dan siap dikonversi menjadi gol oleh Rooney.

2. Gelandang bertahan. Memiliki Steven Gerrard dan Frank Lampard dalam satu barisan lapangan tengah adalah sebuah anugerah, namun bisa juga menjadi sebuah bencana. Pasalnya keduanya merupakan gelandang-gelandang bertipe attacking midfielder, mereka lebih bernaluri menyerang, dan kurang cocok dimainkan sebagai gelandang bertahan. Kurang fitnya kondisi Gareth Barry membuat Don Fabio harus memutar otak untuk mendapatkan formula yang tepat menempatkan gelandang bertahan yang cocok dengan skema yang ia terapkan. Ada nama-nama seperti Michael Carrick, Tom Huddlestone, dan James Milner yang biasa berperan sebagai gelandang tengah di klubnya masing-masing.

Michael Carrick, gelandang bertahan MU ini memiliki visi permainan yang cemerlang, ia sering menemukan celah-celah tidak terduga bagi pemain lain. Namun kekurangannya adalah kecepatan, determinasi, dan sering melakukan blunder, sehingga Don Fabio pun akan berpikir ulang untuk memainkannya dalam pertandingan-pertandingan krusial.

Tom Huddlestone, memiliki tubuh tegap, dan fisik mumpuni sebagai gelandang bertahan. Passing-passingnya cukup akurat, namun minim pengalaman. Apa jadinya jika ia harus menghadapi gelandang-gelandang macam Kaka, Xavi, Bastian Schweinsteiger dll yang memiliki skill kelas atas dan berteknik tinggi tersebut?

James Milner, fisiknya kuat, petarung ulung. Hanya saja ia baru berperan sebagai gelandang tengah di paruh kedua musim lalu, yang bukan merupakan posisi aslinya. Ia diprediksi akan kesulitan memainkan peran gelandang bertahan yang diharapkan Fabio Capello karena ia belum pernah memainkan peran tersebut di bawah asuhan Don Fabio. Tapi, siapa yang tahu?

3. Adu penalti. Momok terbesar Inggris, dan sudah menjadi rahasia umum bahwa Inggris seringkali gagal karena harus memainkan pertandingan hingga adu penalti. Diantaranya PD 1990, PD 1998, dan PD 2006. Juga ajang lain seperti Euro 1996, dan Euro 2004.

4. Krisis kepemimpinan.
Sejak John Terry terjerat skandal, praktis rakyat Inggris kehilangan simpatinya terhadap kapten Chelsea tersebut. Pencopotan ban kapten pun tidak terelakkan. Dan naasnya, pemain yang didapuk sebagai kapten baru, Rio Ferdinand malah mengalami cedera di sesi latihan, dan terancam gagal meng-kapten-i Inggris di PD 2010. Sepeninggalnya, ban kapten diisukan akan disematkan ke Steven Gerrard, Wayne Rooney dan Frank Lampard. Namun berita ini menjadi kendala karena Inggris seakan kebingungan mencari sosok pemimpin di lapangan yang tepat.

5. Kiper.. Adakah dari nama-nama ini yang anda anggap sebagai kiper kelas dunia? : David James, Joe Hart, Robert Green. Ya, kenyataannya Don Fabio hanya memiliki 3 kiper 'lokal' ini untuk bisa membela Inggris di PD 2010.

6. Lawan besar. Saya tidak menggolongkan grup Inggris sebagai grup yang mudah, karena buktinya Slovenia, AS, dan Aljazair adalah tim-tim yang memiliki kolektivitas tinggi dan kerjasama tim yang apik. Namun, biasanya selepas fase grup dan berhadapan dengan lawan yang lebih besar dibanding fase grup, Inggris seakan kaget. Mereka 'dipaksa' memainkan sepakbola terbaik mereka. Lawan-lawan seperti Brazil, Argentina, Jerman, Spanyol adalah tim yang siap melakukannya untuk Inggris, tinggal bagaimana kesiapan Inggris menghadapi mereka.

7. Pemain cadangan.. Siapkah Matthew Upson, Tom Huddlestone, Shaun Wright-Phillips, Jermain Defoe, beserta pemain cadangan lain untuk membuktikan bahwa mereka layak memperkuat Inggris di kesempatan besar seperti PD?

Mereka memang layak menjadi juara, tapi bisakah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar